Bagaimana Kapal Laut dapat Mengapung

Pernah tidak kita membayangkan kapal-kapal raksasa, seperti kapal feri, kapal tanker, ataupun kapal titanic, bahwa kapal tersebut dapat mengapung di laut? Bahkan dengan mengangkut beban berton-ton namun kapal tersebut mengapung dan dapat mengarungi samudera. Cobalah membandingkan dengan tubuh kita sendiri, misalkan berat/massa kita 60 kg di mana berat kita jauh lebih ringan dari kapal-kapal tersebut. Namun coba saja untuk menceburkan diri ke danau, laut, atau apa sajalah. Bisakah kita mengambang? Atau malah tenggelam? Dapat dipastikan kita akan tenggelam. Mengapa demikian?

Bayangkan! kapal ini dapat mengangkut beban hingga beratu-ratus ribu ton

Prinsipnya adalah massa jenis atau densitas.
Benda dapat mengapung ketika memiliki massa jenis yang lebih kecil. Sebagai contoh minyak memiliki massa jenis lebih kecil dibanding air, akibatnya posisi minyak akan selalu berada di permukaan air. Mengapa es batu terlihat mengapung di air? Tentu saja disebabkan karena es batu memiliki massa jenis lebih rendah dari air. Loh kok gitu? Bukannya es batu merupakan air juga, yang berbentuk padatan. Harusnya memiliki massa jenis yang sama donk? Memang betul sama-sama air, tapi massa jenis merupakan fungsi suhu sehingga ketika ada perubahan suhu maka terjadi perubahan massa jenis.

Air memiliki massa jenis 1000 kg/m3, coba kita ambil bahan besi sebagai komponen utama dari kapal, massa jenisnya 7900 kg/m3. Dari data tersebut jelas terlihat bahwa massa jenis besi jauh lebih besar dari air. Maka besi akan tenggelam di dalam air. Berikut rumus massa jenis atau densitas:
ρ=m/v
ρ = massa jenis, m = massa,  v = volume


Dari rumus tersebut bisa terlihat bahwa massa jenis merupakan fungsi dari massa dan volume, apabila kita memperbesar volume benda namun massanya tetap, maka akan diperoleh massa jenis yang lebih kecil

Ketika besi yang akan dibuat sebagai kapal, kita rubah dengan volume 10 kali lebih besar, maka akan kita peroleh massa jenis 790 kg/m3 (yang tadinya 7900 kg/m3). Kesimpulan, besi yang telah kita rubah volume atau bentuknya sebesar 10 kali atau bisa lebih, massa jenisnya lebih kecil dari air sehingga bisa mengapung.

4 komentar:

Silahkan berkomentar di sini. Kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun. Terima kasih ^___^