Perbedaan antara Pilek dan Flu

Ketika anda mengalami gejala seperti hidung meler, batuk, radang tenggorokan, dan suhu badan meninggi, bagaimana kita mengetahui apakah anda mengalami gejala pilek atau influenza (flu)? Penting untuk mengetahui perbedaan keduanya agar dapat melakukan penanganan yang tepat untuk mengatasinya.

Pilek....
Pilek adalah penyakit saluran infeksi pernapasan atas (ISPA) yang paling sering terjadi di seluruh dunia. Pilek merupakan penyakit yang sembuh sendiri (self-limiting) yang disebabkan
oleh salah satu dari 200-an virus. Subtipe yang paling umum adalah kelompok yang tinggal di saluran hidung dikenal sebagai "rhinovirus". Virus pilek lainnya yang kurang umum termasuk coronavirus, adenovirus, dan RSV. Keluhan yang paling umum adalah ingusan, bersin, penyumbatan hidung, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan batuk.

Flu....
Flu atau dalam dunia ilmu pengetahuan dikenal sebagai influenza adalah penyakit yang sangat mudah menular yang  disebabkan oleh virus influenza. Flu merupakan penyakit dimana gejalanya bisa berintensitas ringan sampai berat. Gejala flu yang mungkin muncul antara lain demam (biasanya tinggi), rasa sakit atau nyeri yang parah di daerah sendi dan otot serta di daerah sekitar mata, lemah atau lesu di sekujur tubuh, batuk, radang tenggorokan, hidung berair.

Pilek atau flu....?
Bagaimana cara mengetahui apakah anda terserang pilek atau flu? Ukur temperatur badan, karena gejala pilek dan flu bisa saja agak mirip, namun demam tinggi jarang terjadi paa penyakit pilek. Bila terkena flu, suhu tubuh bisa sangat tinggi dan tubuh terasa sangat lemah.

Tabel berikut semoga bisa membantu untuk mengetahui perbedaan keduanya.

Gejala
Pilek
Influenza (flu)
Datangnya gejala
Perlahan atau gradual
Tiba-tiba atau mendadak
Demam (badan panas)
Kadang-kadang, biasanya ringan
Sangat umum, biasanya berupa demam tinggi
Sakit kepala
Jarang terjadi
Biasa terjadi
Sakit atau nyeri di beberapa/sekujur tubuh (otot dan persendian)
Tidak sering terjadi, ringan
Umum terjadi, parah
Lemah, lesu
Jarang
Umum terjadi, bisa berlangsung selama 1-2 minggu
Bersin-bersin
Sangat umum terjadi
Kadang-kadang
Hidung tersumbat dan meler
Sangat umum terjadi
Kadang-kadang
Tenggorokan perih/meradang
Biasa terjadi
Kadang-kadang
Batuk
Intensitasnya ringan-menengah, berdahak, setelah beberapa hari terserang pilek
Umum terjadi, intensitasnya bisa parah, kering, sangat mengganggu

2 komentar:

  1. jadi mengerti perbedaan nya..terima kasih..

    BalasHapus
  2. Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

    Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.
    Wartadokter
    klinikkesehatan
    kesehatankelamin

    BalasHapus

Silahkan berkomentar di sini. Kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun. Terima kasih ^___^