Proses Terjadinya Petir

Petir itu...
Petir, kilat, atau halilintar adalah kejadian yang sering muncul pada musim hujan berupa kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Tidak lama kemudian dususul dengan suara menggelegar atau dalam bahasa jawa gluduk. Mengapa terlihat cahaya dulu, baru kemudian terdengar suara? Itu terjadi karena adanya perbedaan waktu kemunculan yang diakibatkan adanya selisih antara kecepatan suara dengan kecepatan cahaya.
  
Proses terjadinya...
Untuk pemahaman yang lebih mudah, kita pakai analogi sebuah kapasitor besar, dimana lempengan pertama yaitu awan, lempengan ini bisa bersifat negatif ataupun positif dan lempengan kedua yaitu bumi yang mempunyai sifat netral.Seperti yang telah diketahui, kapasitor merupakan elemen negatif di dalam hubungan listrik yang dapat menyimpan daya sejenak atau bisa disebut energy storage. Seperti juga petir dimana terdapat awan yang bermuatan positif dan negatif.

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau awan dengan yang lainnya. Proses terjatinya muatan pada awan disebabkan dia bergerak terus menerus secara teratur dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara.

Mengapa petir lebih sering terjadi ketika musim hujan?
Karena pada saat tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir.

Perlindungan terhadap sambaran petir
Manusia mencoba menjinakkan keganasan petir ini. Metode yang sederhana tapi cukup efektif adalah metode Sangkar Faraday. Yaitu dengan melindungi area yang hendak diamankan dengan melingkupinya memakai konduktor yang duhubungkan dengan pembumian. Ingin tahu lebih jauh? Klik di sini. Tetapi perlu diingat bahwa perlindungan dari segala perlindungan tetap berasal dari Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar di sini. Kami mengharapkan saran dan kritik yang membangun. Terima kasih ^___^